Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘sundanologi’ Category

hari ini dapet undangan Walimatussafar di salah seorang pengurus Paguyuban Jawa Barat (PAJAR) provinsi Lampung, nyampe di tempat ternyata acara sudah dimulai (atau malah hampir selesai). ketemu beberapa kenalan yang sering hadir dalam acara Paguyuban, tapi kok banyak orang Lampung Post yah?, oh iya ding, suami dari Bu Hayati Nufus (sahibul hajat) kan kerja di Lampung Post, namanya Pak Iskandar. Untungnya, aku kenal beberapa orang Lampung Post, jadi bisa langsung gabung dan bisa ngobrol-ngobrol sambil dengerin tausiyah dari ustad. tausiahnya cukup seru dan segar, walaupun kadang banyak istilah yang diucapkan kurang di mengerti, maklum ustadnya orang lampung. audien yang ahdir menurut saya mayoritas dari 2 suku, sunda dan lampung. yah orang2 lampung itu pasti kenalan dan handai taulan pa Iskandar, sedangkan orang-orang sundanya warga yang aktif di Paguyuban.

sekitar pukul 12.00 wib, tausiyah selesai dan dilanjutkan dengan makan2 baik yang ringan maupun yang berat. karena antrian makanan berat terlalu panjang, saya ngambil yang ringan aja di pojok, wah es krim nya lumayan. sambil makan es krim ngobrol iseung dengan salah satu kawan waktu di Bengkel Jurnalisme, Adian Saputra yang juga korektor Lampung Post dengan rambut gundulnya yang khas. tapi tak lama, dia mendapat jatah makan, jadi obrolan di hentikan sejenak.

setelah habis makan es krim, saya ikutan ngantri untuk mendapatkan jatah makan. wah makan gratis hari ini menunya cukup mantap, ada semur sapi, ayam suwir, sop jagung, dan keripik melinjo pedes. setelah dapat bagian, saya langsung cari kursi yang kosong. sambil makan, beberapa kenalan say hai, hallo dan saling bertanya apa kabar. acara ini seakan-akan hala bihalal dengan warga jawa barat di lampung, soalnya, pas acara halal bihalal Paguyuban Jawa Barat, saya tidak sempet hadir walaupun yang bikin dan menyebarkan undangannya saya. acara tersebut kebetulan dilaksanakan pada tanggal 27 oktober 2007 yang bertepatan dengan kehadiran saya di acara Pesta Blogger 2007 di Blitz Megaplek, Grand Indonesia, Jakarta.

pas asyik-asyiknya makan, hujan turun dengan deras. dan tribun yang menutupi halaman rumah tempat acara tak mampu melindungi undangan dari guyuran hujan. wah motor saya basah beserta jaket dan tas yang ada di motor, pada audiens pun jadi pada berdiri, karena tribunnya bocor dan membasahi beberapa kursi.

sambil menunggu hujan reda, saya kembali ngobrol ngaler ngidul sama Adian Saputra. tiba-tiba dia melihat Pin Blogger yang menempel di saku baju saya. akhirnya obrolan tentang Blogger jadi bahasan santai sambil menunggu pulang. lalu saya katakan bahwa Pin ini oleh-oleh dari Pesta Blogger 2007 di Jakarta kemaren, dan saya bilang yang dari Lampung cuman saya yang datang, itupun bukan mewakili Lampung, melainkan utusa pribadi dari personal blog abah oryza.

ngomongin blogger ternyata Adian juga punya Blog, cuman kata dia itu juga dibikinin dan jarang di up date. kata saya nggak apa-apa, asal tau ajah, tapi kalo mau seru lagi ntar gabung ajah di Blogger lampung, nanti saya masukin ke Lampunggech DOT com.

hujan reda, obrolan tentang blog usai, kami saling pamit, dan tak lupa salaman dengan sahibul hajat untuk saling mendoakan sebelum keberangkatan ke tanah suci.

semoga Ibu Hayati Nufus beserta Pak Iskandar pulang dengan mendapatkan Haji Mabrur, amiin.

hujan gerimis mengantar kepulangan saya ke unila lagi, dan ternyata hujan mengguyur seluruh kota Bandar lampung. kebetulan saya pulang memutar sehingga melewati beberapa kecamatan yang ada di Bandar lampung, dan ternyata hujan telah mengguyur dengan derasnya.

Read Full Post »

catatan : buat yang merasa tidak mengerti maaf yah, silahkan gunakan kamus basa sunda atau minta translate basa sunda kepada teman yang kira2 mengerti.

punten ah nuju hoyong posting basa sunda, mung tong nyangki bade nganggo basa sunda nu sae. soalna sim kuring teh tos lami di tanah sabrang pulo sumatra.

tos tujuh usum sim kuring ngalalana nyiar elmu nyiar pangalaman di tanah nu kantos di sumpingan ku raja sunda waktos ngalalana, naha aya raja sunda nu ameungan ka sumatra kitu? atuh puguh, kaleresan abdi kantos maca hiji novel sunda terbitan rahmat cijulang anu judulna “wastu kancana”. ari wastu kancana anu kantos nyaba ka lampung teh teu aya sanes calon raja sunda anu hidup dina waktos perang bubat.

sim kuring leubeut ka lampung taun 2000, kituna teh sim kuring mah teu terang naon-naon, boro-boro dulur baraya, dongenna teu acan ngadangu. tah, ti saprak eta sim kuring ngadumuk di provinsi nu katelah sang bumi ruwa jurai, nu hartosna cenah mah cenah hiji daerah nu dieusi ku sagala perbedaan tapi tetep ngahiji sauyunan.

eh, punten sanes bade nyarioskeun sajarah hirup, mung ieu mah hoyong posting we ku basa sunda, tami teu aya padamelan. padahal mah padamelan mah seueur, mung geuning ari damel nu resmi mah males, ari damel teu puguh kieu mah geuning rada lancar, duka kusabab hobi duka emang beuki, he he he …

tos heula ah, bilih seueur nu teu ngartos, mangga we nganggo kamus basa sunda … cag

Read Full Post »

PAJAR MUDA

masyarakat lampung asal Jawa Barat minggu-minggu sedang sibuk-sibuknya, apalagi kalo bukan mempersiapkan acara pengukuhan pengurus baru periode 2007-2012.

kebetulan aku dipercaya bagian kesekretariatan, emang dari dulu nggak jauh-jauh dari komputer dan surat-menyurat. padahal mungkin sudah waktunya nyoba kerjaan yang agak beda dari kegiatan biasanya. cuman emang klo orang udah percaya kerjaan kita, pasti nggak bakal jauh-jauh nyuruhnya.

apa hubungannya PAJAR dan PAJAR Muda? yah, PAJAR Muda yang rencananya akan ada pertemuan pertama di Hotel Bintang panghegar merupakan salah satu unsur dari Paguyuban Jawa Barat khususnya untuk mengcover generasi muda dan mahasiswanya.

aku kebetulan dulu sering ngebimbing adek-adek di Rumpun Mahasiswa Sunda (RUMASA) yang aktif di Kampus Hijau unila , dan kini setelah PAJAR memerlukan generasi muda, kami coba menghimpun beberapa organisasi mahasiswa kesundaan di Lampung untuk membentuk forusm silaturahmi dengan nama PAJAR Muda.

so, buat temen-temen yang merasa berasal dari Jawa barat dan Banten yang ingin bergabung, silahkan ahdir pada pertemuan tersebut jam 14.00 di Hotel bintang Panghegar bandar Lampung

Read Full Post »