Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘education’ Category

informasi yang penting dan bermanfaat tapi tetep gratis adalah keinginan semua orang, dan kita akan mencarinya walaupun keujung dunia.

tapi mungkin kita nggak perlu ke ujung dunia, cukup dengan beberapa kata sebagai keyword dan taruhlah kata itu di google, maka akan berhamburanlah sumber informasi itu dari berbagai ujung dunia.

untuk mengoleksi informasi – informasi yang gratisan itu saya coba jadikan fokus utama di blog baru saya, kenapa? karena saya dapatkan blog itu secara gratis! maka akan saya gunakan untuk keperluan gratisan. inilah awal ide saya mengapa mengambil topik – topik gratis, bahkan mencoba menggagas project – project gratisan untuk anda.

saya pun tak sungkan akan mencarikannya untuk anda, atau anda memiliki informasi itu? silakan luangkan waktu untuk memberitahukan hal – hal tersebut kepada saya baik melalui e-mail ataupun di komentar yang ada di blog ini.

Read Full Post »

setidaknya 2 tulisan dari yg dipublikasikan oleh media tanah air sebagai bagian dari media indonesia online ternyata hasil copy paste dari blog dan sebuah web milik unila. tulisan yang di copy pste seperti yg saya laporkan kemaren adalah tentang wisata lampung, sedangkan tulisan dari web unila yang di copy paste juga tanpa menyebutkan sumber adalah tentang kerjasama unila dengan lampung selatan.

coba perhatikan tulisan aselinya yg ada di web unila :

(Unila): Rektor Unila Prof.Dr.Ir.Sugeng P.Harianto,M.S dan Bupati Lampung Selatan H.Zulkifli Anwar mendandatangani nota kesepahaman sebagai payung hukum dalam jangka waktu untuk lima tahun ke depan, di Aula Ramu Helau, Kantor Bupati Lampung Selatan, Senin (21/1).

Bupati Lampung Selatan H.Zulkifli Anwar dalam sambutannya mengatakan harapannya terhadap Unila dalam kerjasama di berbagai bidang karena Unila sebagai pusat ilmunya di Lampung “Sebetulnya saya sudah lama menunggu Unila hampir delapan tahun menanti kerjasama antara Pemda dengan Unila. Karena Unila milik masyarakat Lampung,”kata Zulkifli.

Pada acara penandatanganan nota kesepahaman itu, dihadiri juga oleh Pembantu Rektor II Ir.Sulastri Ramli,M.P, Pembantu Rektor III Drs.M.Thoha B.Sampurna Jaya,M.S, Pembantu Rektor IV Ir.Anshori Djausal,M.T, Prof.Dr.Ir.Irwan Efendi, Dekan Fisip Drs.Hertanto,M.S, Dekan FE Toto Gunarto,S.E,M.S, Dekan FP Dr.Wan Abbas Zakaria,M.S ,Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Dr.dr.Efrida Warganegara,M.Kes,Sp.MK, Kepala Pusat Komputer Habibullah Djimad,S.E,M.Si dan Ketua BAAKPSI Damanhuri Warganegara,S.H

Kehadiran rombongan Unila ini, disambut seluruh muspida Lampung Selatan. Dalam acara pendandatanganan nota kesepahaman tersebut, Zulkifli sengaja mengundang Unila pada momen rapat koordinasi, mulai dari Wakil Bupati, Sekretaris daerah, para kepala dinas dan camat di Lampung Selatan.

Rektor Unila Prof.Dr.Ir.Sugeng P.Harianto,M.S mengatakan dengan hadirnya Unila sebagai mitra kerjasama dengan pemda Lampung Selatan berharap meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan. “Unila betul-betul ingin sabegai indikator universitas yang berlatar belakang budaya, kondisi sumber daya manusia dan alam di Provinsi Lampung,”kata Sugeng.

Unila, lanjut Sugeng, akan maju jika seluruh pemerintah daerah mendukung sepenuhnya. “Tapi, tidak mungkin Unila akan maju jika di antara pemerintah daerah ada gap (terpisah,red) dengan provinsi Lampung, baik gubernur dengan para walikota dan bupatinya.

Kemudian, Pembantu Rektor IV Ir.Anshori Djausal,M.T memaparkan kerjasama kepada Bupati serta muspida Lampung Selatan yang bertajuk “Penguatan Peran Unila dalam Pembangunan Daerah Menuju Peningkatan Daya Saing Bangsa.”

Di akhir acara tersebut ditandatanganinya nota kesepahaman antara Rektor Unila Prof.Dr.Ir.Sugeng P.Harianto dengan Bupati Lampung Selatan H.Zulkifli Anwar dan tukar cenderamata. [erik/andhi]

dan ini hasil copy paste MI tanah air :

(Unila): Rektor Unila Prof.Dr.Ir.Sugeng P.Harianto,M.S dan Bupati Lampung Selatan H.Zulkifli Anwar mendandatangani nota kesepahaman sebagai payung hukum dalam jangka waktu untuk lima tahun ke depan, di Aula Ramu Helau, Kantor Bupati Lampung Selatan, Senin (21/1).

Bupati Lampung Selatan H.Zulkifli Anwar dalam sambutannya mengharapkan Unila dalam kerjasama di berbagai bidang dikarenakan Unila sebagai pusat ilmunya di Lampung. Unila merupakan mitra dengan pemda Lampung Selatan, sehingga diupayakan agar dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di Wilayah Kabupaten Lampung Selatan.

Pada acara penandatanganan nota kesepahaman itu, dihadiri juga oleh Pembantu Rektor II Ir.Sulastri Ramli,M.P, Pembantu Rektor III Drs.M.Thoha B.Sampurna Jaya,M.S, Pembantu Rektor IV Ir.Anshori Djausal,M.T, Prof.Dr.Ir.Irwan Efendi, Dekan Fisip Drs.Hertanto,M.S, Dekan FE Toto Gunarto,S.E,M.S, Dekan FP Dr.Wan Abbas Zakaria,M.S ,Ketua Program Studi Pendidikan Dokter Dr.dr.Efrida Warganegara,M.Kes,Sp.MK, Kepala Pusat Komputer Habibullah Djimad,S.E,M.Si dan Ketua BAAKPSI Damanhuri Warganegara,S.H

Kehadiran rombongan Unila ini, disambut seluruh muspida Lampung Selatan. Dalam acara pendandatanganan nota kesepahaman tersebut, Zulkifli sengaja mengundang Unila pada momen rapat koordinasi, mulai dari Wakil Bupati, Sekretaris daerah, para kepala dinas dan camat di Lampung Selatan.

Di akhir acara tersebut ditandatanganinya nota kesepahaman antara Rektor Unila Prof.Dr.Ir.Sugeng P.Harianto dengan Bupati Lampung Selatan H.Zulkifli Anwar dan tukar cenderamata. (rmb/mi/dari berbagai sumber).

Dari berbagai sumber? ah itu kan tulisan blogger eriek yang hasil karya jurnalistik juga kan, bahkan fotonya juga?

saya curiga tulisan MI di Media indonesia tanah air itu hasil copy paste, siapa bisa membuktikan?

Read Full Post »

Setelah sukses dengan acara lomba proposal bisnis 10 juta, entrepreneur fair, dan kini Pojok BNI kembali mengadakan sebuah kegiatan yang diberi nama Marketing Games. menurut yang diberitakan oleh website unila, Kegiatan ini bertajuk “Be a Smart and Good Entrepreneur”.


Pada acara sebelumnya Pojok BNI disupport langsung oleh BNI 1946, seperti pada acara entrepreneur day dan lomba proposal bisnis 10 juta. kini, sepertinya Pojok BNI mulai menggandeng pihak sponsor. keberadaan sponsor ini kalo menurut saya sih kurang pas, apalagi kerjasamanya berupa produk yang akan dijual dalam materi kegiatan, kecuali si sponsor menjual produk pada saat kegiatan pameran dan lain-lain.

Marketing games ini cukup bagus untuk menumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa unila, dan pojok BNI memang sangat konsen dibidang itu. namun yang kurang mengena adalah keterlibatan warga unila hanya sebatas objek dari suatu acara, tidak dimaksimalkan untuk mengangkat unila dan potensi besar warga unila.

Menurut saya ada baiknya Pojok BNI mengangkat produk-produk unila dalam materi-materi kegiatannya, walopun dari segi panitia dan peserta adalah warga unila. seperti yang saya amati , ternyata materi yang dilombakan pada marketing games yang di adakan mulai 13 April sampe 19 April 2008 ini adalah produk Sponsor yang tentunya lebih membuka pasar konsumen bagi sponsor. kenapa tidak menggunakan produk unila semacam herbalist yang di produksi oleh Unit Usaha THP unila, atau produk-produk yang buatan aseli warga unila, misal hasil praktek mahasiswa peternakan, sosial ekonomi pertanian, atau software hasil kreasi anak teknik dan mipa, dan lain sebagainya.

Masukan saya ini untuk meningkatkan nilai jual unila dan mendukung unila dalam menjual ke-pakaran-nya. intinya sih gimana caranya unila lebih terangkat dengan media pendukung Pojok BNI (dengan embel-embel unila).

Keterlibatan civitas akademika unila ini sangat penting mengingat niat baik BNI dengan adanya Pojok BNI ini seperti di beritakan kompas pada saat launching Pojok BNI Unila adalah pilot project pengembangan Pojok BNI dalam rangka menjadikan unila sebagai Incubator Usaha Kecil dan Menengah.

Satu lagi yang kurang mengena adalah uang registrasi yang harus dikeluarkan oleh peserta? duh hari gini masih ada uang registrasi? plis dong ah, kan udah di suppor abis ama BNI ditambah sponsor?kurang apa coba, bukanya biasanya kegiatan seperti ini gratis tis tis?

Oke dech ini sekedar ocehan kasih sayang dari warga kampus hijau unila ajah. maaf yah bila banyak protes, namanya juga pengamat, he he he

Read Full Post »

loh kok jangan selingkuh?apa hubungannya dengan aktivitas ngeblog?maaf-maaf ini bukan lanjutan dari 100 tips itu, ini tentang aktivitas menulis blog yang harus diusahakan lebih efektif, begitu kira-kira yang disampaikan bung budi putra se pemilik AsiaBloggingNetwork.

ngeblog emang seperti juga aktivitas bercinta, minimal itu menurut saya, yang begitu mencintai aktivitas ngeblog lebih dari yang lainnya. ngeblog malah bagi saya sepertinya melebihi kebutuhan sandang, pangan dan papan . ngeblog bukan lagi sebuah keperluan dari rutinitas hidup di dunia maya.

jangan selingkuh, yah bila anda ingin fokus untuk menulis sebuah artikel seperti di tulis budi putra dalam blognya. hindari jauh-jauh aktivitas yang bakal menggangu konsentrasi menulis seperti e-mail, ngekron, chat, ym, nge-junk di milis, main game, atau bahkan main soliter.

jadi bercintalah dengan serius, dan jangan selingkuh!

Read Full Post »

lampost hari ini cerita tentang utang PNS lampung yang mencapai angka 2,3 T. jadi klo mau nyari utangan jadi PNS lah, dan emang rata-rata yang baru jadi PNS (apalagi yang lama yah) langsung aja pas keterima, mereka apply kredit ke Bank ataupun kredit konsumtif.

dan sudah jadi rahasia umum, kalo PNS itu gaji pokok yang diterima sudah tidak utuh lagi. sehingga peluang untuk cari sampingan itu sangat besar, misalnya dengan memonopoli proyek-proyek pemerintah, korupsi anggaran, dan jual jabatan untuk mempermulus birokrasi yang emang udah nggak mulus lagi.

yang anehnya, ada salah satu calon Gubernur lampung cari muka kampanye dengan berniat menghapus utang PNS tersebut. nah, apa nggak mikir?itukan duit negara yang notabenenya adalah hasil keringat rakyat yang di kumpulin dari upeti pajak.

moral cerita

jangan pilih Gubernur yang membodohi masyarakat dengan ide-ide kereaktif kayak gini.

plis dech, punya utang kok maen pemutihan ajah, mana tanggung jawabmu?

Read Full Post »

terobosan menarik yang saya dapat informasinya dari kompas, meng-online-kan materi kuliah secara gratis di internet merupakan langkah maju dunia pendidikan. Program MITOpenCourseWare yang di gagas oleh Massachusetts Institut of Technology ini sangat baik, yang mana beribu pasang mata akan bebas membaca materi-materi kuliah yang ada di Kampus ini. teringat program kuliah komputer gratis mas romi dengan ilmukomputerDOTcom, yang sukses mencerdaskan wong ndeso nan fakir menjadi faham ilmu komputer berkat akses internet.
Program seperti ini layak untuk terus dikembangkan didunia maya ini, apalagi kalo didukung infrastruktur akses internet murah menjadikan transformasi ilmu pengetahuan dengan cepat akan menyebar ke masayarakat.
konsep e-learning yang digagas universitas-universitas di Indonesia semestinya menerapkan konsep opensource ini, sehingga tidak ada lagi mahasiswa yang kurang bahan ketika mau ujian, hilang catatan akibat banjir, kebakaran, tas ilang dan sebagainya.
selain itu mahasiswa bisa mempersiapkan perkuliahannya jauh-jauh hari karena sudah membaca materi kuliah yang akan disampaikan. mimpi ini sudah terwujud di negeri tetangga, saya harap Indonesia bisa mengambil konsep ini sehingga ilmu pengetahuan akan menyebar ke seluruh alam.

Read Full Post »