Seiring perjalanan waktu, arus informasi kian mudah untuk di dapat dan disebarkan. Begitupula teknologi yang menghantarkan informasi itu kian cepat perkembangannya.
Publik sebagai saluran terakhir dalam penyediaan informasi tentunya sangat di untungkan di masa ini.
Di lain pihak, banyak Perusahaan Media yang begitu gencar dalam hal penyediaan informasi, sehingga bisnis informasi menjadi hal yang sangat menggiurkan. Hal ini di akibatkan kebutuhan informasi hamper tiap hari, bahkan tiap detik publik membutuhkan informasi yangs selalu baru.
Industri media sebagai penyalur informasi untuk publik tentunya akan lebih mengutamakan aliran uang dari pada aliran informasi. Hal ini mengakibatkan arus informasi menjadi tidak independent, obyektif dan akurat.
Informasi yang didapat publik dari industri media lebih di dominasi kepentingan modal, sehingga ranah publik menjadi ternodai oleh permainan pemodal dan pemilik kapital.
Internet sebagai hasil perkembangan teknologi informasi sejak awal sudah memperlihatkan karakter independent dan cenderung bebas nilai. Sehingga dalam perkembangannya, internet menjadi media alternative dalam penyediaan informasi. Namun karena keterbatasan teknologi dan sumber daya, arus informasi pun belum bisa mengikuti perkembangannya.
Perkembangan internet sendiri mulai terlihat geliatnya sejak web 1.0 berkembang menjadi web 2.0. hasil dari perkembangan ini memiliki karakteristik yang sangat menguntungkan publik dan sangat mendukung social network yang cenderung free.
Blog sebagai salah satu produk web 2.0 selain friendster yang sudah lebih awal booming di dunia maya, ternyatar menjadi leader sejalan dengan perjalanan sejarah web 2.0, atau bisa dibilang menjadi produk andalan dari web 2.0.
Dulu orang yang melek internet dengan bangga memperkenalkan diri dengan tambahan informasi berupa alamat email, atau bahkan alamat web (kalau punya). Kemudian berkembang dengan tambahan informasi akun FS, IM, YM dan berbagai layanan social network lainnya.
Kini orang mulai dikenal dengan alamat blognya baik itu yang berbayar maupun numpang dilayanan gratisan. Sebut saja misalkan blog Budiputra.com yang dimiliki oleh salah satu Blogger professional yang menjadi CEO Asia Blogging Network, atau blog Andreasharsono.blogspot.com salah seorang yang mempopulerkan Jurnalisme Sastrawi di Indonesia, dan tak kalah menarik bloger lampung yang merantau di Kalimantan dengan blognya Udozkarzi.blogspot.com yang menyajikan informasi tentang pangkalan bun dengan menggunakan bahasa lampung.
Saat ini pribadi-pribadi pemilik weblog bukan lagi menjadikan blog sebagai jurnal harian, atau curhatan dan dokumen karya tulisnya. Para penulis blog sudah mulai menjadikan blog sebagai media informasi publik yang gratis dan independent, serta mungkin selanjutnya diharapkan menjadi media informasi yang cepat, tepat dan akurat.
Untuk menuju tersedianya informasi publik yang independent, cepat, akurat dan dapat dipercaya, tentunya harus sesuai dengan kaidah-kaidah jurnalisme. Tentunya keadaan ini menjadi pekerjaan rumah bagi mereka yang peduli informasi publik hasil dari karya jurnalisme yang bermutu.
Pendidikan jurnalisme menjadi sangat penting untuk diketahui oleh publik. Sehingga ketika publik akan menyalurkan informasi terkini melalui blog, akan ditulis dengan teknik jurnalistik yang benar.
Citizen journalism yang diinginkan oleh berbagai pihak tentunya tidak sekedar isapan jempol belaka. Dengan perkembangan blog dan kualitas tulisan para penulisnya, dengan serta merta informasi publik akan mudah didapat dengan cepat, akurat dan dapat dipercaya.
numpang lewat…
go citizen journalism
iniasif.wordpress.com